Notice: Undefined variable: web in C:\xampp\htdocs\armada3\modul\modul-berita.php on line 63
    FASHARKAN MANOKWARI PASANG MERIAM 30 MM DI TIGA KAPAL PERANG KOARMADA III
    28/04/2022 11:14 WIB
     
     
    Sorong, 28 April 2022

         TNI AL/ Koarmada III. Tiga KRI dibawah jajaran TNI AL/Koarmada III mellaksanakan  pemasangan Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059  di Fasharkan Manokwari Papua Barat, dalam pemasangan meriam tersebut Dua KRI yaitu KRI Layaran-854 dan KRI Tatihu-853  telah selesai dan berhasil melaksanakan kegiatan Sea Acceptance Test (SAT) atas Meriam Kaliber 30 MM yang dilaksanakan di perairan utara Papua, sedangkan KRI Madidihang-855 pelaksanaan uji coba penembakan akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan. Kamis (28/04/22).

          Ketiga   KRI tersebut merupakan produk anak bangsa, dibuat oleh PT Palindo Marine Shipyard Batam, saat ini  beroperasi di wlayah kerja  Komando Armada III yang terbentang dari perairan Maluku, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua dan Papua Barat. Adapun  pemasangan Meriam 30 mm tersebut,  bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kekuatan tempur dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan dan keamanan laut di wilayah kerja  Koarmada III.

         Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 merupakan produksi Italy, dan pemasangannya dilaksanakan di Fasharkan TNI AL Manokwari Papua Barat, yang merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut dan Panglima Koarmada III untuk memanfaatkan Fasharkan Manokwari sebagai salah satu Fasharkan di wilayah kerja Koarmada III yang mampu melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan KRI maupun KAL.

    Selain itu proses pemasangan Meriam tersebut hingga uji coba penembakan dilaksanakan oleh Teknisi Asing/ Leonardo Italia, sekaligus memberikan training dan pelatihan kepada Teknisi Fasharkan Manokwari dan personel KRI sebagai pengawak Meriam 30mm.

          Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 merupakan produksi Italy, mempunyai jarak jangkauan maksimalnya sekitar 3500 Meter, dan memiliki sistem yang canggih, karena dilengkapi kamera dan remot kontrol, serta mempunyai  fungsi selain sebagai pertahanan permukaan antar kapal, dan juga  untuk pertahanan udara baik dengan pesawat maupun rudal,  dengan jarak 3,5 km.

     
    Kadispen Koarmada III/ Kolonel  Laut (KH) R Doni Kundrat